Advertisement

Jerman: Suriah Berhasil Menghancurkan Terorisme

  • Komentar:
  • View: 1246
Jerman: Suriah Berhasil Menghancurkan Terorisme
WartaNews, Berlin - Badan intelijen luar negeri Jerman mengatakan tentara Suriah mampu melakukan operasi yang berhasil melawan teroris yang didukung asing seperti yang diinginkan.

Gerhard Schindler, kepala Bundesnachrichtendienst Jerman (BND), mengatakan kepada para pejabat keamanan bahwa pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad kini lebih stabil daripada yang berada di masa lalu, situs berita Jerman Spiegel online melaporkan.

Penilaian terbaru ini adalah pembalikan mendasar dari musim panas lalu, ketika BND meramalkan bahwa pemerintah Suriah akan runtuh pada awal 2013.

Menurut laporan itu, lembaga Jerman saat ini percaya bahwa kelompok-kelompok teroris yang disponsori asing di Suriah, yang meliputi beberapa kelompok teroris al-Qaeda, menghadapi kesulitan ekstrim dalam pertempuran.

Selama beberapa hari terakhir, pasukan keamanan Suriah telah menimbulkan kerugian besar pada militan di kota strategis barat Qusayr, yang telah menjadi tempat bentrokan sengit antara kedua belah pihak.

Pada tanggal 21 Mei, komandan senior kelompok teroris Front al-Nusra, Abu Omar, bersama puluhan teroris lainnya tewas dalam bentrokan dengan tentara Suriah.

Schindler juga mengatakan kepada para pejabat keamanan Jerman di mana kelompok-kelompok bersenjata yang berbeda di Suriah berjuang satu sama lain untuk mendapatkan supremasi di wilayah tertentu.

Tidak ada rantai komando fungsional antara para pemimpin oposisi Suriah yang didukung asing dan elemen bersenjata di dalam negeri, kepala BND menyatakan, dan menambahkan bahwa setiap pertempuran baru melemahkan teroris lebih lanjut.

Schindler mengatakan tentara Suriah bisa mendapatkan kembali kendali atas seluruh selatan negara itu pada akhir 2013 jika konflik seperti yang terjadi selama beberapa minggu terakhir.

Menurut kepala BND, tentara Suriah telah berhasil memotong jalur pasokan untuk senjata dan rute evakuasi teroris yang terluka ke negara-negara tetangga.

Kerusuhan melanda Suriah selama lebih dari dua tahun dan banyak orang termasuk sejumlah besar personil keamanan Suriah telah tewas dalam pertempuran.

Presiden Assad mengatakan pada hari Kamis kemarin, "Suriah bertekad untuk mengatasi terorisme dan mereka yang mendukungnya secara regional maupun global dan untuk menemukan solusi politik untuk krisis" (*/lok)
Advertisement
MENANTU AM HENDROPRIYONO, MAYJEN TNI MUHAMMAD ANDIKA PERKASA MENJADI KOMANDAN PASUKAN PENGAMANAN PRESIDEN JOKOWI
BREAKING NEWS
PRABOWO SUBIANTO HADIRI PELANTIKAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA
BREAKING NEWS
JOKO WIDODO DAN JUSUF KALLA RESMI MENJADI PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
BREAKING NEWS
JOKOWI-JK IKUTI GELADI KOTOR PELANTIKAN DI SENAYAN
BREAKING NEWS
PERUSAHAAN MICROSOFT AKAN MEMANGKAS 18.000 PEKERJANYA PADA TAHUN 2015
BREAKING NEWS
PEMILIHAN PIMPINAN MPR, KOALISI INDONESIA HEBAT KEOK
BREAKING NEWS
WARTANEWS.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HUT TNI KE 69
BREAKING NEWS
GUGATAN UU MD3 PDIP DITOLAK MK
BREAKING NEWS
Hull City vs Manchester City 2-4
BREAKING NEWS
Chelsea vs Aston Villa 3-0
BREAKING NEWS