Advertisement

Zona Larangan Terbang Suriah Tunggu Keputusan PBB

  • Komentar:
  • View: 515
Zona Larangan Terbang Suriah Tunggu Keputusan PBB
WartaNews, Ankara - Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan akan sampai ke Dewan Keamanan PBB untuk memutuskan zona larangan terbang di atas wilayah Suriah.

"Sehubungan dengan zona larangan terbang, saya ingin membuat satu pengamatan: ini bukan keputusan yang bisa diambil antara AS dan Turki," kata Erdogan Brookings Institution di Washington, sehari setelah membahas masalah Suriah dengan Presiden AS Barack Obama.

"Ini adalah sesuatu yang harus datang melalui Dewan Keamanan PBB," tambahnya.

Erdogan mengatakan bahwa masalah ini dapat dibahas dalam konferensi internasional yang direncanakan pada Suriah yang didukung oleh AS dan Rusia.

"Kami sedang dalam proses untuk menyusun sebuah konferensi di Jenewa. Jika proses yang memutuskan zona tersebut, seperti Turki, kami juga akan melakukan apapun yang diperlukan," katanya.

Turki telah mendorong zona larangan terbang AS di Suriah sejak 2012 untuk melindungi daerah-daerah yang dikuasai teroris.

Turki, bersama dengan Qatar dan Arab Saudi, telah memberikan dukungan militer dan logistik kepada teroris asing yang didukung untuk memerangi pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Krisis Suriah dimulai pada Maret 2011 dan banyak orang termasuk sejumlah besar tentara dan personel keamanan tewas dalam kekerasan itu.

Pemerintah Suriah mengatakan bahwa kekacauan telah diatur dari luar negeri dan ada laporan bahwa jumlah yang sangat besar dari para teroris adalah warga negara asing.

Beberapa organisasi hak asasi manusia internasional telah menuduh teroris yang disponsori asing melakukan kejahatan perang di Suriah. (*/dok)
Advertisement
SCOTLANDIA INGIN MEMISAHKAN DIRI DARI INGGERIS RAYA MELALUI REFRENDUM
BREAKING NEWS
RAJA ARAB SAUDI ABDULLAH MENGINGATKAN BARAT ATAS ANCAMAN TERORISME DARI TIMUR TENGAH
BREAKING NEWS
ANTI TEROR AUSTRALIA MENANGKAP 15 ANGGOTA YANG DIDUGA KELOMPOK ISIL
BREAKING NEWS
OBAMA TIDAK MENGIJINKAN TENTARA DARATNYA MENGHADAPI ISIS DI IRAK
BREAKING NEWS
DEMO BERSAR YAMAN VESRI KEDUA, SIAP LEBIH KACAU
BREAKING NEWS
DR GILBERT: ISRAEL SENGAJA BUNUH WARGA SIPIL
BREAKING NEWS
PRESIDEN YAMAN ANCAM HOUTHI
BREAKING NEWS
YORDANIA: PEMERINTAH TIDAK PERLU PERANGI ISIS
BREAKING NEWS
RADAMEL FALCAO RESMI GABUNG MANCHESTER UNITED
BREAKING NEWS
PENDUKUNG PRABOWO BAKU HANTAM DENGAN APARAT
BREAKING NEWS