Advertisement

Israel Siap Bangun Zona Penyangga Untuk Menangkis Serangan Suriah

  • Komentar:
  • View: 817
Israel Siap Bangun Zona Penyangga Untuk Menangkis Serangan Suriah
WartaNews, Tel Aviv - Komandan Militer utara Israel berencana untuk mendirikan sebuah "zona penyangga" di dalam wilayah perbatasan Suriah yang bertujuan untuk menangkis serangan militan.

"Ada rencana komandan utara militer pada hari setelah Bashar Assad tidak menjadi presiden lagi dari Suriah, ada kekhawatiran bahwa unsur teror yang akan mencoba untuk mendekati pagar," AFP melaporkan pada hari Minggu, mengutip sumber militer Israel yang tak mau disebutkan namanya.

Sumber mengacu pada pagar yang memisahkan Suriah dari wilayah Palestina yang diduduki.

"Jadi mereka ingin membuat semacam buffer zone di dalam wilayah Suriah, dan biarkan semua orang tahu. Hal ini untuk mencegah situasi di mana teror mencapai pagar tanpa kita mampu untuk mencegah hal itu, dengan memungkinkan kita untuk melihat hal itu," kata sumber.

Sumber menjelaskan bahwa zona penyangga bisa mencapai hingga 10 mil (16 kilometer) di Dataran Tinggi Golan--daerah yang direbut Israel dalam perang tahun 1967--dan akan measuki tahap awal, termasuk dua brigade infanteri Israel dan batalion tank berbasis di pos-pos di wilayah Suriah.

Sebelumnya pada hari Minggu, Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan bahwa Israel sedang mencoba mengguncang Suriah oleh serangan baru-baru ini di luar Damaskus.

Dalam pertemuan dengan Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, Saeed Jalili, Assad juga mengatakan serangan udara pada Jamraya melibatkan Tel Aviv yang bekerjasama dengan asing yang mendukung militan pemberontak.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Angkatan Darat Suriah, Rabu lalu, jet tempur Israel melakukan serangan langsung pada pusat penelitian di Jamraya pada dini hari, menewaskan dua orang dan melukai lima orang lainnya.

Duta Besar Suriah untuk Lebanon, Ali Abdul Ali Karim mengatakan pada hari Kamis lalu bahwa negaranya memiliki pilihan untuk menanggapi serangan udara Israel.

Ia mengatakan Damaskus sangat mungkin untuk mengambil keputusan mengejutkan dalam menanggapi agresi dari pesawat tempur Israel.

Juga pada hari Kamis, Suriah menyerukan Dewan Keamanan PBB untuk mengeluarkan kecaman keras atas serangan Israel yang mencolok di wilayah negara yang berdaulat dan pelanggaran Israel pada Piagam PBB, hukum internasional, Perjanjian Disengagement pada tahun 1974 dan resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan. (*/fok)
Advertisement
PENDUKUNG PRABOWO BAKU HANTAM DENGAN APARAT
BREAKING NEWS
BUPATI DIBENTAK KELUAR SAAT PERHITUNGAN SUARA PAPUA
BREAKING NEWS
NOMOR URUT 1 DIPAKSA MENGILANGKAN SUARA HINGGA 0 % DI PAPUA
BREAKING NEWS
PARA SAKSI KPU WILAYAH PAPUA DIANCAM SAAT PERHITUNGAN SUARA
BREAKING NEWS
KOTAK HITAM MH17 AKHIRNYA DIKETEMUKAN
BREAKING NEWS
MIROSLAV KLOSE PENSIUN TAHUN 2015
BREAKING NEWS
GEMPA 5,3 SR GUNCANG SULAWESI TENGGARA
BREAKING NEWS
JERMAN JUARA PIALA DUNIA 2014
BREAKING NEWS
PRABOWO-HATTA UNGUL ATAS JOKOWI DI LUAR NEGERI
BREAKING NEWS
TRUK BERMUATAN MIRAS TERBALIK DI TOL CIKAMPEK
BREAKING NEWS