Advertisement

Suriah Siap Bernegosiasi Dengan Kelompok Pemberontak

  • Komentar:
  • View: 669
Suriah Siap Bernegosiasi Dengan Kelompok Pemberontak
WartaNews, Damaskus - Perdana Menteri Suriah Wael al-Nader Halqi mengatakan Damaskus akan bernegosiasi dengan kelompok oposisi yang setuju untuk meletakkan senjata mereka.

"Kami bahkan siap untuk bernegosiasi dengan kelompok bersenjata yang cenderung untuk meletakkan senjata mereka karena mereka adalah anak-anak dari Suriah yang telah disesatkan oleh tipu daya musuh, dan tujuan kami adalah untuk mengembalikan mereka ke masyarakat nasional kita," kata al-Halqi dalam pertemuan perpisahan dengan Wakil Presiden Pertama Iran Mohammad Reza Rahimi.

Mengomentari inisiatif perdamaian yang diajukan oleh Presiden Bashar al-Assad untuk menyelesaikan kerusuhan di negara Arab, al-Halqi mengatakan dalam rencana pemerintah Suriah telah berusaha untuk mempertimbangkan perundingan dengan semua kelompok politik dan partai-partai di negara itu.

Perdana Menteri juga memuji dukungan Iran untuk negara Arab dan memuji perjanjian kerjasama ditandatangani dengan rekan-rekan Iran selama dua hari kunjungannya di Teheran.

"Mengingat bahwa perekonomian nasional kita telah terpengaruh dan menyerang dengan tindak pidana beberapa kelompok teroris, perjanjian dengan Iran ini akan memiliki dampak yang besar pada sektor ekonomi dan perdagangan yang berbeda di Suriah," tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, para pejabat menandatangani perjanjian 50-juta-euro pada penyediaan peralatan untuk jaringan transmisi listrik Suriah.

Rahimi, untuk bagian itu, mengatakan solusi politik adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri krisis Suriah, dan dalam hal ini Iran mendukung setiap upaya untuk negosiasi dan akhir damai atas konflik tersebut.

Suriah telah mengalami kerusuhan sejak Maret 2011, dan banyak orang, termasuk sejumlah besar pasukan keamanan, telah tewas dalam kekacauan.

Pemerintah Suriah mengatakan kekacauan telah diatur dari luar negeri (Barat), dan ada laporan bahwa jumlah yang sangat besar dari para militan pemberontak adalah warga negara asing. (*/fok)
Advertisement
SCOTLANDIA INGIN MEMISAHKAN DIRI DARI INGGERIS RAYA MELALUI REFRENDUM
BREAKING NEWS
RAJA ARAB SAUDI ABDULLAH MENGINGATKAN BARAT ATAS ANCAMAN TERORISME DARI TIMUR TENGAH
BREAKING NEWS
ANTI TEROR AUSTRALIA MENANGKAP 15 ANGGOTA YANG DIDUGA KELOMPOK ISIL
BREAKING NEWS
OBAMA TIDAK MENGIJINKAN TENTARA DARATNYA MENGHADAPI ISIS DI IRAK
BREAKING NEWS
DEMO BERSAR YAMAN VESRI KEDUA, SIAP LEBIH KACAU
BREAKING NEWS
DR GILBERT: ISRAEL SENGAJA BUNUH WARGA SIPIL
BREAKING NEWS
PRESIDEN YAMAN ANCAM HOUTHI
BREAKING NEWS
YORDANIA: PEMERINTAH TIDAK PERLU PERANGI ISIS
BREAKING NEWS
RADAMEL FALCAO RESMI GABUNG MANCHESTER UNITED
BREAKING NEWS
PENDUKUNG PRABOWO BAKU HANTAM DENGAN APARAT
BREAKING NEWS