Advertisement

Iran Prouksi Drone ScanEagle Saingi Pesawat Mata-mata Tak Berawak AS

  • Komentar:
  • View: 2200
Iran Prouksi Drone ScanEagle Saingi Pesawat Mata-mata Tak Berawak AS
WartaNews, Teheran - Komandan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Angkatan Laut Iran Laksamana Rear-Ali Fadavi mengatakan Iran telah meluncurkan lini produksi drone ScanEagle (pesawat mata-mata tak berawak).

"Lini produksi drone ScanEagle telah diluncurkan di Iran dan telah digunakan oleh Angkatan Laut IRGC serta Divisi Aerospace," kata Fadavi, Senin (17/12).

Fadavi menambahkan bahwa drone ScanEagle baru AS ditangkap oleh IRGC di Teluk Persia yang merupakan pesawat ketiga dari jenisnya yang jatuh oleh pasukan Iran, yang telah menangkap dua ScanEagles sebelumnya namun tidak pernah dipublikasikan.

Fadavi mengumumkan pada tanggal 4 Desember bahwa drone ScanEagle AS telah ditangkap oleh pasukan Iran di Teluk Persia pada intrusi pesawat ke wilayah udara Iran.

Iran telah merilis rekaman dari drone yang ditangkap, yang merupakan pesawat berdaya tahan lama diproduksi oleh Insitu, seorang anak perusahaan Boeing.

Mengacu pada kemampuan drone ScanEagle, komandan Iran mengatakan pesawat ditangkap oleh Iran telah mengudara selama 1,5 juta jam dan mampu terbang selama 30 jam pada akhir.

Tahun lalu, militer Iran juga menjatuhkan AS RQ-170 pesawat mata-mata yang saat itu terbang di atas kota Kashmar, Iran sekitar 140 mil (225 km) dari perbatasan Afghanistan.

Mengomentari pentingnya Selat Hormuz, Fadavi mengatakan, "The Teluk Persia dan Selat Hormuz adalah sangat penting bagi seluruh dunia dan setiap ketidakamanan di kawasan ini akan mengancam keamanan energi dunia."

Komandan Iran menambahkan bahwa dalam situasi saat ini dan mengingat krisis ekonomi global, dunia tidak bisa mengatasi dengan kejutan energi, khususnya di Teluk Persia.

Selat Hormuz adalah jalur air yang sempit yang menghubungkan Teluk Persia di sebelah barat ke Laut Oman.

Secara statistik, Selat Malaka merupakan salah satu jalur pelayaran yang paling penting di dunia, dengan aliran harian sekitar 15 juta barel minyak. (*/dok)
Advertisement
DEMO BERSAR YAMAN VESRI KEDUA, SIAP LEBIH KACAU
BREAKING NEWS
DR GILBERT: ISRAEL SENGAJA BUNUH WARGA SIPIL
BREAKING NEWS
PRESIDEN YAMAN ANCAM HOUTHI
BREAKING NEWS
YORDANIA: PEMERINTAH TIDAK PERLU PERANGI ISIS
BREAKING NEWS
RADAMEL FALCAO RESMI GABUNG MANCHESTER UNITED
BREAKING NEWS
PENDUKUNG PRABOWO BAKU HANTAM DENGAN APARAT
BREAKING NEWS
BUPATI DIBENTAK KELUAR SAAT PERHITUNGAN SUARA PAPUA
BREAKING NEWS
NOMOR URUT 1 DIPAKSA MENGILANGKAN SUARA HINGGA 0 % DI PAPUA
BREAKING NEWS
PARA SAKSI KPU WILAYAH PAPUA DIANCAM SAAT PERHITUNGAN SUARA
BREAKING NEWS
KOTAK HITAM MH17 AKHIRNYA DIKETEMUKAN
BREAKING NEWS