Advertisement

Hindari Bentrokan Berlanjut, Ikhwanul Muslimin Batalkan Demo di Kairo

  • Komentar:
  • View: 735
Hindari Bentrokan Berlanjut, Ikhwanul Muslimin Batalkan Demo di Kairo
?WartaNews, Kairo - Ikhwanul Muslimin Mesir memutuskan untuk menunda demo yang sebelumnya dijadwalkan hari ini Selasa (27/11) dekat Universitas Kairo untuk menghindari pertumpahan darah lebih lanjut, saat ribuan orang Mesir melanjutkan protes mereka atas deklarasi konstitusi baru yang dikeluarkan oleh Presiden Mohamed Morsi.

Dalam upaya untuk menunjukkan dukungan mereka kepada Morsi, demo dijadwalkan akan bergabung dengan Salafi ultra-konservatif serta anggota dan pendukung Ikhwanul Muslimin.

Sementara itu, lawan dan orang-orang yang tidak setuju dengan deklarasi konstitusi juga menggelar protes di pusat kota Tahrir Square, beberapa mil jauhnya dari Universitas Kairo.

Protes dan bentrokan antara pendukung dan penentang persaudaraan telah menewaskan dua dan melukai 444 orang. Sebuah bentrokan sengit meletus Minggu malam antara anggota Ikhwanul Muslim Mesir dan penentangnya di kantor di Delta Nil kota Damanhour, menyebabkan satu anggota Ikhwanul Muslimin muda tewas dan 60 lainnya terluka.

Protes di Mesir telah meluas secara nasional terhadap Ikhwanul Muslimin dan presiden yang mengeluarkan deklarasi konstitusi baru pada Kamis lalu, yang memberikan dia kekuatan absolut di Mesir.

Menurut deklarasi konstitusi baru, semua hukum, keputusan dan deklarasi konstitusional yang dikeluarkan oleh presiden sejak menjabat pada tanggal 30 Juni 2012, adalah final dan tak tertandingi oleh siapapun.

Adapun Majelis Konstitusi, deklarasi mencatat bahwa rancangan konstitusi baru akan dibentuk dalam jangka waktu maksimum delapan bulan, bukan enam, dari tanggal pembentukan perakitan, yang berarti deklarasi baru memperpanjang masa penyusunan selama dua bulan, sampai Februari 2013.

Tidak ada badan peradilan yang berhak membubarkan Dewan Syura (majelis tinggi) atau Majelis Konstituante, deklarasi menyatakan. (*/lok)
Advertisement
Manchester City vs Chelsea 1 - 1
BREAKING NEWS
AYATULLAH SISTANI: IRAN KUAT BUKAN KARENA NEGARA ASING
BREAKING NEWS
HOUTHI JALIN GENCATAN SENJATA DENGAN TENTARA YAMAN
BREAKING NEWS
SCOTLANDIA INGIN MEMISAHKAN DIRI DARI INGGERIS RAYA MELALUI REFRENDUM
BREAKING NEWS
RAJA ARAB SAUDI ABDULLAH MENGINGATKAN BARAT ATAS ANCAMAN TERORISME DARI TIMUR TENGAH
BREAKING NEWS
ANTI TEROR AUSTRALIA MENANGKAP 15 ANGGOTA YANG DIDUGA KELOMPOK ISIL
BREAKING NEWS
OBAMA TIDAK MENGIJINKAN TENTARA DARATNYA MENGHADAPI ISIS DI IRAK
BREAKING NEWS
DEMO BERSAR YAMAN VESRI KEDUA, SIAP LEBIH KACAU
BREAKING NEWS
DR GILBERT: ISRAEL SENGAJA BUNUH WARGA SIPIL
BREAKING NEWS
PRESIDEN YAMAN ANCAM HOUTHI
BREAKING NEWS