Advertisement

El Baradei: Presiden Morsi Adalah Fir`aun Baru Bagi Mesir

  • Komentar:
  • View: 1463
El Baradei: Presiden Morsi Adalah Fir`aun Baru Bagi Mesir
WartaNews, Kairo - Presiden Mesir Mohamed Morsi memutuskan untuk secara signifikan memperkuat kekuasaannya, khususnya berkaitan dengan sistem peradilan.

Dia membuat keputusan ini dalam sebuah pengumuman dibenarkan oleh kebutuhan untuk "membela revolusi." Dan pihak oposisi telah menyebutnya "Firaun yang baru."

"Presiden bisa mengambil keputusan atau tindakan untuk melindungi revolusi", kata juru bicara kepresidenan, Yasir Ali, ketika membaca "deklarasi konstitusional" di televisi pemerintah.

"Deklarasi konstitusional, keputusan dan hukum yang dikeluarkan oleh Presiden adalah final dan tidak tunduk pada banding sampai konstitusi baru di tempatkan," katanya menambahkan.

Keputusan ini ditujukan untuk "membersihkan lembaga" dan "menghancurkan infrastruktur dari rezim sebelumnya," tambahnya, mengacu pada rezim Presiden Hosni Mubarak, yang digulingkan pada bulan Februari 2011.

Morsi bertanya dalam hal ini "penyelidikan baru dan penilaianPresiden Mesir Mohamed Morsi memutuskan Kamis untuk secara signifikan memperkuat kekuasaannya, khususnya berkaitan dengan sistem peradilan. Dia membuat keputusan ini dalam sebuah pengumuman dibenarkan oleh kebutuhan untuk "membela revolusi." Pihak oposisi telah memanggilnya "Firaun yang baru."

"Presiden bisa mengambil keputusan atau tindakan untuk melindungi revolusi", kata juru bicara kepresidenan, Yasir Ali, membaca "deklarasi konstitusional" di televisi pemerintah.

"Para deklarasi konstitusional, keputusan dan hukum yang dikeluarkan oleh Presiden adalah final dan tidak tunduk pada banding" sampai konstitusi baru di tempat, ia menambahkan.

Keputusan ini ditujukan untuk "membersihkan lembaga" dan "menghancurkan infrastruktur dari rezim sebelumnya," tambahnya, mengacu pada rezim Presiden Hosni Mubarak, yang digulingkan pada bulan Februari 2011.

Morsi bertanya dalam hal ini "penyelidikan dan penilaian baru" dalam kasus kematian demonstran selama pemberontakan tahun lalu, sebuah langkah yang merupakan ancaman bagi beberapa pejabat militer atau polisi senior dan mungkin Mubarak sendiri.

Pengumuman ini datang setelah gencatan senjata antara Israel dan kelompok bersenjata Palestina di Gaza, yang mana Morsi telah memainkan peranan penting dan banyak dipuji oleh masyarakat internasional.

Lawan untuk Morsi, Mohamed El Baradei, mantan kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian telah menuduh Morsi menjadi "raja baru."

"Hari ini, Morsi telah merebut semua kekuasaan dan menyatakan dirinya sebagai Firaun baru Mesir. Sebuah pukulan besar bagi revolusi yang dapat memiliki konsekuensi yang mengerikan," tulis ElBaradei di akun Twitter-nya.

Morsi juga memutuskan pada hari Kamis kemarinuntuk memberhentikan Jaksa Agung, Abdel Meguid Mahmoud, setelah ia gagal untuk memecatnya bulan lalu dan menunjuk hakim lain Talaat Ibrahim Abdallah, untuk menggantikannya dalam jangka waktu empat tahun ke depan.

Mahmoud diangkat di bawah Presiden Hosni Mubarak.

Pak Morsi juga memutuskan bahwa pengadilan tidak bisa membubarkan komite yang menyusun konstitusi masa depan, banyak kritik ditargetkan dari media liberal dan sekuler dan serta gereja Kristen Koptik, yang mengklaim itu didominasi oleh Islam.

Komposisi Komisi Konstitusi saat ini tunduk pada banding sebelum Mahkamah Agung Konstitusi. Morsi juga telah memutuskan untuk memperpanjang dua bulan mandat komisi ini.

"Ada konsekuensi positif dan negatif dalam pengumuman," kata Heba Morayef, perwakilan dari Human Rights Watch, Kairo.

"Penyelidikan baru ke dalam pembunuhan yang dilakukan selama pemberontakan anti-Mubarak adalah keputusan yang baik dan Jaksa Agung yang diwarisi oleh rezim sebelumnya harus pergi," katanya. (*/dok)
Advertisement
YASONA LAOLY PUTERA NIAS PERTAMA YANG MENJADI MENTERI
BREAKING NEWS
MENANTU AM HENDROPRIYONO, MAYJEN TNI MUHAMMAD ANDIKA PERKASA MENJADI KOMANDAN PASUKAN PENGAMANAN PRESIDEN JOKOWI
BREAKING NEWS
PRABOWO SUBIANTO HADIRI PELANTIKAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA
BREAKING NEWS
JOKO WIDODO DAN JUSUF KALLA RESMI MENJADI PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
BREAKING NEWS
JOKOWI-JK IKUTI GELADI KOTOR PELANTIKAN DI SENAYAN
BREAKING NEWS
PERUSAHAAN MICROSOFT AKAN MEMANGKAS 18.000 PEKERJANYA PADA TAHUN 2015
BREAKING NEWS
PEMILIHAN PIMPINAN MPR, KOALISI INDONESIA HEBAT KEOK
BREAKING NEWS
WARTANEWS.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HUT TNI KE 69
BREAKING NEWS
GUGATAN UU MD3 PDIP DITOLAK MK
BREAKING NEWS
Hull City vs Manchester City 2-4
BREAKING NEWS