Advertisement

Kelompok Oposisi Suriah Pilih Presiden Suriah Baru

  • Komentar:
  • View: 838
Kelompok Oposisi Suriah Pilih Presiden Suriah Baru
WartaNews, Doha - Kelompok oposisi Suriah mengumumkan pembentukan koalisi baru dan memilih Moaz al-Khatib sebagai kepala entitas bersatu itu.

Sebuah perjanjian formal untuk membentuk Koalisi Nasional pada Pasukan Oposisi ditandatangani Minggu malam di ibukota Qatar, Doha oleh Khatib dan George Sabra, kepala baru dari kelompok oposisi utama Dewan Nasional Suriah (SNC), seorang reporter Xinhua mengatakan.

Kelompok-kelompok oposisi sebelumnya telah menandatangani kesepakatan awal untuk membentuk persatuan di tengah tekanan internasional yang meningkat untuk menjembatani patah tulang mereka dan mendirikan entitas bersatu yang dapat secara efektif menghadapi Presiden pemerintah Suriah Bashar al-Assad.

Khatib, seorang pengkhotbah dan sarjana yang lahir pada tahun 1960 di ibukota Suriah Damaskus, dipilih oleh 54 dari 58 orang yang menilainya sebagai presiden dari koalisi baru.

Sementara itu, tokoh pembangkang Riad Seif dan aktivis hak asasi manusia Sohir al-Atasy terpilih sebagai deputi Khatib, dan Mostafa al-Sabbagh sebagai sekretaris jenderal.

Kelompok-kelompok oposisi telah mengadakan pertemuan hari ini di Doha untuk membahas proposal oleh Seif untuk membentuk sebuah front bersatu oposisi untuk membantu mengakhiri krisis 20 bulan Suriah dan membentuk pemerintahan transisi yang dipimpin oleh Seif.

SNC, payung utama kelompok oposisi Suriah, telah menunjukkan keengganan sebelum penandatanganan perjanjian, kekhawatiran bahwa koalisi baru akan melemahkan pengaruhnya.

Salem al-Maslet, anggota terkemuka dari kelompok oposisi utama Dewan Nasional Suriah (SNC), sebelumnya dikatakan hari Minggu kemarin bahwa koalisi baru akan mencakup 60 kursi, 22 di antaranya adalah untuk anggota terpilih dari SNC. (*/hok)
Advertisement
MENANTU AM HENDROPRIYONO, MAYJEN TNI MUHAMMAD ANDIKA PERKASA MENJADI KOMANDAN PASUKAN PENGAMANAN PRESIDEN JOKOWI
BREAKING NEWS
PRABOWO SUBIANTO HADIRI PELANTIKAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA
BREAKING NEWS
JOKO WIDODO DAN JUSUF KALLA RESMI MENJADI PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
BREAKING NEWS
JOKOWI-JK IKUTI GELADI KOTOR PELANTIKAN DI SENAYAN
BREAKING NEWS
PERUSAHAAN MICROSOFT AKAN MEMANGKAS 18.000 PEKERJANYA PADA TAHUN 2015
BREAKING NEWS
PEMILIHAN PIMPINAN MPR, KOALISI INDONESIA HEBAT KEOK
BREAKING NEWS
WARTANEWS.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HUT TNI KE 69
BREAKING NEWS
GUGATAN UU MD3 PDIP DITOLAK MK
BREAKING NEWS
Hull City vs Manchester City 2-4
BREAKING NEWS
Chelsea vs Aston Villa 3-0
BREAKING NEWS