Advertisement

Kelompok Oposisi Suriah Pilih Presiden Suriah Baru

  • Komentar:
  • View: 810
Kelompok Oposisi Suriah Pilih Presiden Suriah Baru
WartaNews, Doha - Kelompok oposisi Suriah mengumumkan pembentukan koalisi baru dan memilih Moaz al-Khatib sebagai kepala entitas bersatu itu.

Sebuah perjanjian formal untuk membentuk Koalisi Nasional pada Pasukan Oposisi ditandatangani Minggu malam di ibukota Qatar, Doha oleh Khatib dan George Sabra, kepala baru dari kelompok oposisi utama Dewan Nasional Suriah (SNC), seorang reporter Xinhua mengatakan.

Kelompok-kelompok oposisi sebelumnya telah menandatangani kesepakatan awal untuk membentuk persatuan di tengah tekanan internasional yang meningkat untuk menjembatani patah tulang mereka dan mendirikan entitas bersatu yang dapat secara efektif menghadapi Presiden pemerintah Suriah Bashar al-Assad.

Khatib, seorang pengkhotbah dan sarjana yang lahir pada tahun 1960 di ibukota Suriah Damaskus, dipilih oleh 54 dari 58 orang yang menilainya sebagai presiden dari koalisi baru.

Sementara itu, tokoh pembangkang Riad Seif dan aktivis hak asasi manusia Sohir al-Atasy terpilih sebagai deputi Khatib, dan Mostafa al-Sabbagh sebagai sekretaris jenderal.

Kelompok-kelompok oposisi telah mengadakan pertemuan hari ini di Doha untuk membahas proposal oleh Seif untuk membentuk sebuah front bersatu oposisi untuk membantu mengakhiri krisis 20 bulan Suriah dan membentuk pemerintahan transisi yang dipimpin oleh Seif.

SNC, payung utama kelompok oposisi Suriah, telah menunjukkan keengganan sebelum penandatanganan perjanjian, kekhawatiran bahwa koalisi baru akan melemahkan pengaruhnya.

Salem al-Maslet, anggota terkemuka dari kelompok oposisi utama Dewan Nasional Suriah (SNC), sebelumnya dikatakan hari Minggu kemarin bahwa koalisi baru akan mencakup 60 kursi, 22 di antaranya adalah untuk anggota terpilih dari SNC. (*/hok)
Advertisement
DEMO BERSAR YAMAN VESRI KEDUA, SIAP LEBIH KACAU
BREAKING NEWS
DR GILBERT: ISRAEL SENGAJA BUNUH WARGA SIPIL
BREAKING NEWS
PRESIDEN YAMAN ANCAM HOUTHI
BREAKING NEWS
YORDANIA: PEMERINTAH TIDAK PERLU PERANGI ISIS
BREAKING NEWS
RADAMEL FALCAO RESMI GABUNG MANCHESTER UNITED
BREAKING NEWS
PENDUKUNG PRABOWO BAKU HANTAM DENGAN APARAT
BREAKING NEWS
BUPATI DIBENTAK KELUAR SAAT PERHITUNGAN SUARA PAPUA
BREAKING NEWS
NOMOR URUT 1 DIPAKSA MENGILANGKAN SUARA HINGGA 0 % DI PAPUA
BREAKING NEWS
PARA SAKSI KPU WILAYAH PAPUA DIANCAM SAAT PERHITUNGAN SUARA
BREAKING NEWS
KOTAK HITAM MH17 AKHIRNYA DIKETEMUKAN
BREAKING NEWS