Advertisement

Susno Yang Misterius Muncul Mengejutkan di YouTube

  • Komentar:
  • View: 615
Susno Yang Misterius Muncul Mengejutkan di YouTube
WartaNews, Jakarta - Pihak kejaksaan dan kepolisian masih terus melacak keberadaan mantan Kabareskrim Komisaris Jenderal (Purn) Susno Duadji.

Keberadaannya misterius. Secara mengejutkan, Susno justru tampil dalam sebuah rekaman video yang diunggah ke Youtube pada Senin (29/4) lalu. Rekaman video diambil dari tempat persembunyiannya di Jawa Barat.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah La Ode Ida menilai, tindakan yang dilakukan Susno mulai dari meminta perlindungan polisi hingga rekaman video itu adalah konspirasi yang dibantu oleh aparat penegak hukum. Menurutnya, aparat penegak hukum sudah tahu posisi Susno sebenarnya.

"Mustahil aparat tak tahu di mana Susno berada, apalagi jajaran kepolisian. Tapi, karena hendak dilindungi, mereka seolah-olah tak tahu menahu," kata La Ode, Selasa (30/4/2013).


Menurutnya, tindakan yang dilakukan kepolisian dalam proses eksekusi Susno, Rabu (24/4) lalu, bagian dari upaya perlindungan. Namun, tindakan ini, dinilai La Ode, telah mempertaruhkan wibawa polisi di mata publik.

Selain itu, menurut La Ode, Presiden SBY tak tegas dalam mengoordinasikan pimpinan kepolisian dan kejaksaan terkait eksekusi Susno. SBY dinilai menjadikan kasus susno sebagai bagian dari evaluasi kinerja dan komitmen kepolisian dalam pemberantasan korupsi.

"Dengan drama Susno itu, patut diindikasikan pimpinan dan para petinggi polisi sudah sangat rendah derajat komitmennya terhadap pemberantasan korupsi, bahkan melakukan pembelaan terhadap koruptor sehingga SBY harus memberi sanksi tegas kepada mereka. Artinya, jika SBY tak memberi sanksi, kita pun perlu mencurigai adanya yang tak beres," kata La Ode, yang kini menjadi politisi Partai Amanat Nasional.

Susno muncul di Youtube

Setelah gagalnya proses eksekusi, keberadaan Susno misterius. Ia diburu kejaksaan dan kepolisian. Kejaksaan Agung telah menetapkan statusnya sebagai buronan. Namun, pada Senin (29/4) lalu, muncul video Susno di Youtube.

Video tersebut diunggah oleh akun Yohana Celia sekitar pukul 16.00. Susno tampak mengenakan batik dengan motif berwarna hitam dan putih.

Ia bicara di sebuah tempat dengan latar belakang putih. Dalam video berdurasi 15 menit 34 detik itu, Susno mengatakan, ia berada di daerah pemilihannya di dapil 1 Jawa Barat.

Susno merupakan bakal calon legislatif Partai Bulan Bintang.

"Saya berada dalam keadaan sehat walafiat. Saya berada di daerah pemilihan saya di dapil 1 Jawa Barat. Tidak benar saya melarikan diri. Saya tidak berada di muka umum untuk menghindari eksekusi liar," kata Susno.

Ia menuding jaksa mempertontonkan ketidakpatutan hukum saat mencoba mengeksekusi dirinya beberapa waktu lalu di kediamannya di kawasan Dago Pakar, Bandung. Ia menyatakan, eksekusi yang dilakukan jaksa tidak memiliki dasar hukum.

Videonya di YouTube


Buron

Sementara itu, sejak Senin (29/4) lalu, kejaksaan resmi menetapkan status Susno sebagai buron.

"Kepadanya telah dilakukan pemanggilan secara sah dan patut. Yang berarti secara de facto yang bersangkutan telah menjadi buron," tegas Wakil Jaksa Agung Darmono.

Darmono mengatakan, kini pihaknya juga tidak mengetahui keberadaan Susno. Tim dari kejaksaan dibantu Resmob Polda Metro Jaya telah mendatangi kediaman Susno di Cinere, Depok, dan keluarganya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (28/4) lalu. Namun, Susno tidak ada di tempat tersebut.

Testimoni Susno Duadji


Advertisement
PENDUKUNG PRABOWO BAKU HANTAM DENGAN APARAT
BREAKING NEWS
BUPATI DIBENTAK KELUAR SAAT PERHITUNGAN SUARA PAPUA
BREAKING NEWS
NOMOR URUT 1 DIPAKSA MENGILANGKAN SUARA HINGGA 0 % DI PAPUA
BREAKING NEWS
PARA SAKSI KPU WILAYAH PAPUA DIANCAM SAAT PERHITUNGAN SUARA
BREAKING NEWS
KOTAK HITAM MH17 AKHIRNYA DIKETEMUKAN
BREAKING NEWS
MIROSLAV KLOSE PENSIUN TAHUN 2015
BREAKING NEWS
GEMPA 5,3 SR GUNCANG SULAWESI TENGGARA
BREAKING NEWS
JERMAN JUARA PIALA DUNIA 2014
BREAKING NEWS
PRABOWO-HATTA UNGUL ATAS JOKOWI DI LUAR NEGERI
BREAKING NEWS
TRUK BERMUATAN MIRAS TERBALIK DI TOL CIKAMPEK
BREAKING NEWS