Advertisement

Kwarnas Revitalisasi Pramuka

  • Komentar:
  • View: 942
Kwarnas Revitalisasi Pramuka
Jakarta - Praja Muda Karana atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pramuka kini ini mulai ditinggali. Pramuka seolah kini tidak lagi mempunyai peran dalam kehidupan sosial masyarakat karena mempunyai banyak keterampilan.

Untuk mengembalikan peran Pramuka seperti sediakala, kwartir nasional (kwarnas) akan merevitalisasi pramuka. Revitalisasi Pramuka dilakukan dengan mencoba memperbarui metode pendidikan, di samping tetap mempertahankan metode di alam terbuka, dan juga penambahan Iptek.

"Misalnya kita sudah menggunakan internet di dalam Jambore. Kita mencoba meningkatkan saka-saka kita sehingga misalnya anak-anak diajak bagaimana terbang layang di samping membikin modelling dan sebagainya," ujar Ketua Kwarnas Pramuka Azrul Azwar saat jumpa pers di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (4/8). "Itu yang diminta betul dari bapak wakil presiden," tambahnya.

Revitalisasi Pramuka ini juga dilakukan dengan melakukan melakukan perubahan pada atribut pramuka guna menarik minat generasi muda yang menganggap korps coklat-coklat itu sudah ketinggalan jaman.

"Seperti yang sudah disampaikan Andi Mallarangeng (Mennegpora), atribut-atribut kita, atribut-atribut organisasi bagaimana supaya lebih menarik generasi muda. Sedang kita susun tim, mudah-mudahan kita punya atribut yang cocok dengan generasi saat ini dan situasi dan kondisi saat ini," kata Azwar.

Azrul mengemukakan, saat ini tim yang dibentuk oleh kwarnas tengah mencari model seragam baru yang pas bagi pramuka. Tim tersebut akan melakukan studi banding dengan melihat contoh-contoh dari negara lain. Tim pun diberi kebebasan untuk menentukan pilihan.

"Tetapi bukan studi ke luar negeri. Tapi melihat contoh-contoh dari 150 negara yang tergabung dalam organisasi World Organization of Scout Movement, ada 150 negara, kita mengacu secara internasional dan nanti diputuskan oleh tim," tukas Azrul. (*/ian)
Advertisement
Advertisement
PENDUKUNG PRABOWO BAKU HANTAM DENGAN APARAT
BREAKING NEWS
BUPATI DIBENTAK KELUAR SAAT PERHITUNGAN SUARA PAPUA
BREAKING NEWS
NOMOR URUT 1 DIPAKSA MENGILANGKAN SUARA HINGGA 0 % DI PAPUA
BREAKING NEWS
PARA SAKSI KPU WILAYAH PAPUA DIANCAM SAAT PERHITUNGAN SUARA
BREAKING NEWS
KOTAK HITAM MH17 AKHIRNYA DIKETEMUKAN
BREAKING NEWS
MIROSLAV KLOSE PENSIUN TAHUN 2015
BREAKING NEWS
GEMPA 5,3 SR GUNCANG SULAWESI TENGGARA
BREAKING NEWS
JERMAN JUARA PIALA DUNIA 2014
BREAKING NEWS
PRABOWO-HATTA UNGUL ATAS JOKOWI DI LUAR NEGERI
BREAKING NEWS
TRUK BERMUATAN MIRAS TERBALIK DI TOL CIKAMPEK
BREAKING NEWS