Advertisement

Andi Mallarangeng Segera Ditahan

  • Komentar:
  • View: 479
Andi Mallarangeng Segera Ditahan
WartaNews-Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kabarnya akan segera menahan tersangka kasus korupsi proyek pembangunan kompleks olahraga Hambalang, Andi Mallarangeng.

"Dengan diterimanya laporan resmi (penghitungan kerugian negara oleh BPK), kami  akan mempercepat proses penyelesaian Hambalang,  termasuk upaya penahanan," kata Ketua KPK Abraham Samad di Jakarta kemarin.

Abraham mengungkapkan bahwa penahanan bisa terjadi dalam waktu beberapa hari ke depan. Tak membeberkan nama tersangka, namun KPK akan tetap berpegang pada urutan penetapan tersangka.

Sehingga, tersangka yang lebih dulu dipanggil adalah Andi Mallarangeng. “Surat pemanggilan kepada Andi memang belum dikirim. Surat itu gampang, yang jelas minggu ini masih ada tiga hari," ujarnya.

Selain itu, KPK sudah menetapkan empat tersangka dalam kasus Hambalang. Yakni, mantan Direktur PT Adhi Karya Teuku Bagus Mohammad Noor, mantan pejabat pembuat komitmen Deddy Kusdinar, dan Andi Mallarangeng. Tersangka terbaru dalam kasus ini adalah mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Seperti diketahui, Andi menjadi tersangka sejak Desember 2012, sedangkan Anas pada Februari 2013.

Abraham Samad menyatakan, KPK memiliki prosedur operasi standar dalam penahanan.  Seseorang yang sudah menjadi tersangka dan hampir rampung berkas penyidikannya pasti ditahan.

"Bisa saya pastikan,  beberapa hari ke depan kami akan lakukan langkah-langkah progesif,  termasuk penahanan," Samad menegaskan.

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Hadi Purnomo berujar, lembaganya telah memberikan hasil perhitungan kerugian negara dalam proyek Hambalang ke Komisi Pemberantasan Korupsi.  Berdasarkan pemeriksaan, jumlah uang negara yang lenyap dalam  kasus Hambalang sebesar Rp 463,66 miliar. "Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan KPK," kata Hadi di gedung KPK kemarin. (*/vik)

(Sumber: Tempo)
Advertisement
DEMO BERSAR YAMAN VESRI KEDUA, SIAP LEBIH KACAU
BREAKING NEWS
DR GILBERT: ISRAEL SENGAJA BUNUH WARGA SIPIL
BREAKING NEWS
PRESIDEN YAMAN ANCAM HOUTHI
BREAKING NEWS
YORDANIA: PEMERINTAH TIDAK PERLU PERANGI ISIS
BREAKING NEWS
RADAMEL FALCAO RESMI GABUNG MANCHESTER UNITED
BREAKING NEWS
PENDUKUNG PRABOWO BAKU HANTAM DENGAN APARAT
BREAKING NEWS
BUPATI DIBENTAK KELUAR SAAT PERHITUNGAN SUARA PAPUA
BREAKING NEWS
NOMOR URUT 1 DIPAKSA MENGILANGKAN SUARA HINGGA 0 % DI PAPUA
BREAKING NEWS
PARA SAKSI KPU WILAYAH PAPUA DIANCAM SAAT PERHITUNGAN SUARA
BREAKING NEWS
KOTAK HITAM MH17 AKHIRNYA DIKETEMUKAN
BREAKING NEWS