Advertisement

Bekasi Bangun Stadion 350 Miliar

  • Komentar:
  • View: 2176
Bekasi Bangun Stadion 350 Miliar
JAKARTA -  Sejak terpilihnya Kabupaten Bekasi secara aklamasi sebagai tuan rumah Pekan Olah Raga Daerah (Porda) XII/2014 pada Musyawarah Olah Raga Provinsi (Musorprov) 2010 di Hotel Grage Sangkan, Kuningan, beberapa waktu lalu, Pemkab Bekasi menargetkan pembangunan Stadion Bekasi di Kawasan Industri Jababeka.

Pemilihan tersebut diputuskan berdasarkan  SK 06/Musorprov/11/KONI Jabar 2010 yang dikeluarkan oleh pimpinan sidang waktu itu.
Edi menambahkan, keputusan tersebut tentunya semakin mempercepat pembangunan Stadion Utama Jababeka Kabupaten Bekasi yang saat ini pembangunannya tengah berlangsung di lahan seluas 20 hektare. 

Dia juga berharap nantinya Stadion Bekasi dapat menampung sebanyak 13 cabang olahraga dan dapat dijadikan masyarakat di wilayah setempat sebagai kawasan wisata. 

"Saat ini prosesnya telah memasuki tahap dua berupa pembangunan fisik gedung. Kami menargetkan pembangunannya selesai pada 2013, karena diharapkan pada 2014 Stadion Bekasi dapat dijadikan lokasi Porda Jabar XIV," uiar Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Disporabudpar) Kabupaten Bekasi Edi Rochyadi. 

Bila proses pembangunannya tepat waktu, kata dia, diharapkan peresmiannya sekaligus dengan acara pembukaan Porda Jabar XIV. 

Para peserta musorprov sepakat memilik Kab. Bekasi setelah Kab. Bogor belum memenuhi salah satu dari sebelas persyaratan menjadi tuan rumah, yaitu menyerahkan uang jaminan Rp 100 juta. 

"Kami akan membalas kepercayaan tersebut sebaik mungkin. Kami akan segera melangkah dan melakukan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan sehingga bisa menggelar Porda lebih baik dan profesional dibandingkan dengan Porda sebelumnya. Kami akan lebih melibatkan pihak swasta," lanjut Edi gembira.

Pembangunannya diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar Rp 350 miliar. Saat ini, pembangunan sudah memasuki tahap kedua. Untuk tahap pertama, dana yang dianggarkan Rp 5 miliar, sedangkan untuk tahap kedua tahun ini dialokasikan Rp 10 miliar.

"Untuk tahun anggaran 2010 ini, kami sudah mengalokasikan dana sekitar Rp 20 miliar. Rp 10 miliar untuk stadion dan sisanya untuk pembangunan stadion mini," ujar Edi.

Edi menegaskan, saat ini, pihaknya sudah siap menggelar pertandingan 43 cabor setelah menginventarisasi semua sarana yang ada dan cukup layak untuk menggelar seluruh pertandingan. 
Menurut keterangan Edi, pada tahun 2009 lalu pembangunan tahap awal berupa pematangan lahan sudah rampung dilaksanakan dengan menelan biaya sebesar Rp 6 miliar, dan pada tahun 2010 ini digulirkan lagi anggaran sebesar Rp10 miliar. 

Rencananya Stadion Bekasi yang berdiri di atas lahan seluas 20 hektare akan dilengkapi Gelanggan Olahraga (GOR), kolam renang, dan fasilitas lainnya sehingga dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan olahraga yang dapat dibanggakan oleh warga Kabupaten Bekasi. 

Selain mempersiapkan sarana, Kabupaten Bekasi juga dituntut untuk membenahi sisi keorganisasian. Salah satunya adalah melengkapi jumlah pengcab karena saat ini baru 32 pengcab yang terdaftar sebagai anggota KONI Kab. Bekasi.

"Hingga kini kami masih menyusun draft untuk mencari bantuan. Saya memperoleh informasi bahwa Pemprov Jabar akan membantu anggaran pembangunan senilai Rp15 miliar begitu pun dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Pemuda dan Olahraga," ujarnya

"Selain sarana pertandingan, kami juga sudah menginventarisasi akomodasi bagi peserta. Pada dasarnya, semua sudah siap karena di Bekasi banyak hotel, mes, dan wisma yang memadai," pungkas Edi.

Selain mempersiapkan sarana, Kabupaten Bekasi juga dituntut untuk membenahi sisi keorganisasian. Salah satunya adalah melengkapi jumlah pengcab karena saat ini baru 32 pengcab yang terdaftar sebagai anggota KONI Kab. Bekasi.

Terkait agenda politik di Kabupaten Bekasi pada 2012, Edi menegaskan, hal itu bukanlah masalah. Menurut dia, jika hal ini sudah menjadi keputusan Pemkab Bekasi, siapa pun nanti yang menjadi pemimpin akan tetap menjalankan komitmen yang sudah disepakati. (*JS/FY)
Advertisement
AHOK RESMI MENJADI GUBERNUR DKI JAKARTA
BREAKING NEWS
BBM RESMI NAIK, PREMIUM RP 8.500 - SOLAR RP 7.500
BREAKING NEWS
BENJAMIN NETANYAHU: IRAN ADALAH MUSUHNYA AMERIKA,IRAN JUGA BUKAN SOLUSI MELAINKAN MASALAH BUAT TIMUR TENGAH
BREAKING NEWS
3 WARTAWAN DIPUKUL OKNUM POLISI DI MAKASAR
BREAKING NEWS
YASONA LAOLY PUTERA NIAS PERTAMA YANG MENJADI MENTERI
BREAKING NEWS
MENANTU AM HENDROPRIYONO, MAYJEN TNI MUHAMMAD ANDIKA PERKASA MENJADI KOMANDAN PASUKAN PENGAMANAN PRESIDEN JOKOWI
BREAKING NEWS
PRABOWO SUBIANTO HADIRI PELANTIKAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA
BREAKING NEWS
JOKO WIDODO DAN JUSUF KALLA RESMI MENJADI PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
BREAKING NEWS
JOKOWI-JK IKUTI GELADI KOTOR PELANTIKAN DI SENAYAN
BREAKING NEWS
PERUSAHAAN MICROSOFT AKAN MEMANGKAS 18.000 PEKERJANYA PADA TAHUN 2015
BREAKING NEWS