Advertisement

Daun Paliasa Obat Hepatitis

  • Komentar:
  • View: 6597
Daun Paliasa Obat Hepatitis
Makasar - Universitas Hasanuddin, Makassar bekerja sama dengan Technology Park Malaysia (TPM) menghasilkan kapsul daun paliasa yang memiliki nama latin Sterculiaceae untuk pengobatan hepatitis.

"Pemanfaatan daun paliasa sebagai obat tradisional di Sulsel sudah lama dikenal, namun kini sudah dikemas dalam bentuk kapsul dengan berbagai varian produk," kata Guru Besar Bidang Kimia Organik Bahan Alam Fakultas MIPA Unhas di Makassar, Rabu (2/3).
    
Seperti dikutip Sehatnews, kalangan dosen Farmasi Unhas sudah lama memikirkan untuk "menyulap" obat tradisional tersebut menjadi sejenis kapsul berbentuk lebih bagus hasil polesan pabrik atau manufaktur.
    
Keinginan itu disambut pihak TPM yang di bawah Kementerian Riset Malaysia agar dikembangkan bersama, dimana pada tahun 2010 lalu, Rektor Unhas, Idrus A Paturusi melakukan penandatanganan kerja sama dengan pihak TPM sebagai lembaga pengembang.

"Kami sudah menerima tiga orang delegasi dari TPM yang melaporkan hasil produksi usaha bersama itu," kata Prof Idrus.
     
Produk daun paliasa dikemas cantik berbentuk kapsul. Setiap 400 mg, berisi 40 mg ekstrak daun paliasa. Selain itu, ada produk lain, seperti teh premium paliasa, susu kambing paliasa, eksrak susu kambing dan kondisioner dari makanan legal.
    
Menurut Idrus, proyek pabrikasi daun paliasa terlaksana atas bantuan PM Malaysia, Tun Najib Razak. Setelah  "soft launching", produk daun paliasa ini akan "go public" . Rencananya, PM Malaysia akan hadir dalam acara tersebut.
    
Tanaman paliasa banyak ditemukan di Sulsel dan termasuk salah satu dari 19 tanaman unggulan yang dikembangkan sebagai antihepatitis.
     
Masyarakat di daerah tersebut mempercayai khasiat daun paliasa sebagai obat yang mampu mengobati penyakit liver, hipertensi, diabetes, kolesterol, dan hepatitis dengan cara meminum air rebusannya. (*/abi)
Advertisement
Manchester City vs Chelsea 1 - 1
BREAKING NEWS
AYATULLAH SISTANI: IRAN KUAT BUKAN KARENA NEGARA ASING
BREAKING NEWS
HOUTHI JALIN GENCATAN SENJATA DENGAN TENTARA YAMAN
BREAKING NEWS
SCOTLANDIA INGIN MEMISAHKAN DIRI DARI INGGERIS RAYA MELALUI REFRENDUM
BREAKING NEWS
RAJA ARAB SAUDI ABDULLAH MENGINGATKAN BARAT ATAS ANCAMAN TERORISME DARI TIMUR TENGAH
BREAKING NEWS
ANTI TEROR AUSTRALIA MENANGKAP 15 ANGGOTA YANG DIDUGA KELOMPOK ISIL
BREAKING NEWS
OBAMA TIDAK MENGIJINKAN TENTARA DARATNYA MENGHADAPI ISIS DI IRAK
BREAKING NEWS
DEMO BERSAR YAMAN VESRI KEDUA, SIAP LEBIH KACAU
BREAKING NEWS
DR GILBERT: ISRAEL SENGAJA BUNUH WARGA SIPIL
BREAKING NEWS
PRESIDEN YAMAN ANCAM HOUTHI
BREAKING NEWS