Advertisement

6 Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan

  • Komentar:
  • View: 13175
6 Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan
WartaNews-Jakarta, Buah siwalan atau orang pantai utara lebih mengenal dengan sebutan ental  atau Lontar banyak terdapat di daerah-daerah pegunungan dan daerah-daerah yang berdekatan dengan laut.

Buah Siwalan juga merupakan buah yang segar dan rasanya seperti kulang kaling. Biasanya orang lebih memilih menjadikan buah ini sebagai campuran minuman segar. Namun, tahukah anda jika buah siwalan ini selain memiliki rasa yang segar, ternyata juga dipercaya memiliki beberapa kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Buah Siwalan

Dalam 100 gram buah siwalan terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

Total gula                    10,93
Gula reduksi                 0,96
Protein                        0,35
Nitrogen                      0,056
pH                               6,7-6,9
Specific gravity           1,07
Mineral sebagai abu    0,54
Kalsium                       Sedikit
Fosfor                          0,14
Besi                             0,4
Vitamin C                   13,25
Vitamin B1 (IU)          3,9
Manfaat Buah Siwalan :

1 Bagian buah tua dapat digunakan sebagai obat kulit (dermatitis), akar yang terdiri atas ekstrak akar muda untuk melancarkan air seni dan obat cacing. Rebusan akar muda (decontion) untuk mengobati penyakit yang terkait dengan pernapasan.

2. Bunga siwalan atau abu mayang (spadix) dapat digunakan untuk pengobatan sakit lever. Adapun arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Rebusan kulit batang ditambah garam, berkhasiat sebagai obat pembersih mulut.

3. Untuk daging buah muda yang berwarna putih kaca/transparan merupakan merupakan buah yang memiliki sumber karbohidrat berupa sukrosa, glukosa dan air. kadar protein dan lemaknya sangat rendah dibawah 1%, serta sedikit serat.

4. Pada satu pohon siwalan dapat menghasilkan sekitar enam liter nira. Dan nira tersebut dipercaya dapat digunakan sebagai minuma isotonic seperti minuman sintetik yang ada di pasaran, bahkan lebih bagus karena alamiah.

5. Nira siwalan atau legen sangat mudah terkontaminasi karena mengandung nutrisi yang lengkap seperti gula, protein, lemak dan mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan mikroba.

6. Legen yang dihasilkan dari pohon siwalan dipercaya bisa membantu kesehatan fungsi ginjal. Bahkan ada beberapa jenis legen (tergantung dari kualitas pohon) yang bisa mengobati penyakit impotensi dan menambah air mani. Tetapi perlu hati-hati dalam memilih legen, Sebab, tak sedikit pula para penjual minuman legen telah mencapurnya dengan bahan lain yang membuat kemurnian legen sudah hilang. (*/xco)
Advertisement
PENDUKUNG PRABOWO BAKU HANTAM DENGAN APARAT
BREAKING NEWS
BUPATI DIBENTAK KELUAR SAAT PERHITUNGAN SUARA PAPUA
BREAKING NEWS
NOMOR URUT 1 DIPAKSA MENGILANGKAN SUARA HINGGA 0 % DI PAPUA
BREAKING NEWS
PARA SAKSI KPU WILAYAH PAPUA DIANCAM SAAT PERHITUNGAN SUARA
BREAKING NEWS
KOTAK HITAM MH17 AKHIRNYA DIKETEMUKAN
BREAKING NEWS
MIROSLAV KLOSE PENSIUN TAHUN 2015
BREAKING NEWS
GEMPA 5,3 SR GUNCANG SULAWESI TENGGARA
BREAKING NEWS
JERMAN JUARA PIALA DUNIA 2014
BREAKING NEWS
PRABOWO-HATTA UNGUL ATAS JOKOWI DI LUAR NEGERI
BREAKING NEWS
TRUK BERMUATAN MIRAS TERBALIK DI TOL CIKAMPEK
BREAKING NEWS