Advertisement

Serangan Nuklir Korea Utara Mampu Menjangkau AS

  • Komentar:
  • View: 1198
Serangan Nuklir Korea Utara Mampu Menjangkau AS
WartaNews, Pentagon - Pentagon mengatakan perkembangan teknologi nuklir dan rudal balistik jarak jauh Korea Utara akan menjadikan negaranya lebih dekat melakukan serangan nuklir terhadap Amerika Serikat.

Pentagon mengatakan dalam sebuah laporan kepada Kongres AS yang dikeluarkan bahwa rudal Taepodong-2 Korea Utara, dengan perkembangan lebih lanjut, mungkin akhirnya akan mampu menjangkau bagian Amerika Serikat jika dikonfigurasi sebagai sebuah rudal balistik antarbenua.

Laporan tersebut menjelaskan suksesnya peluncuran roket Korea Utara pada Desember 2012 sebagai kemajuan yang "mengkontribusikan kehebatan" untuk pengembangan rudal balistik jarak jauh Pyongyang.

Ketegangan antara Washington dan Pyongyang telah meningkat setelah Korea Utara melakukan uji coba ketiga nuklir pada bulan Februari.

"Korea Utara yang memiliki kemampuan penyulingan senjata atom dan mampu untuk melaksanakan uji coba nuklir tambahan setiap saat," kata Pentagon.

"Ini kemajuan sistem pengiriman rudal balistik-, ditambah dengan perkembangan teknologi nuklir, sejalan dengan tujuan Korea Utara yang dinyatakan mampu untuk menyerang tanah air AS," kata laporan itu.

Pada awal April, Korea Utara mengatakan, pihaknya siap untuk menggunakan senjata nuklir yang "lebih kecil, lebih ringan serta beragam" jika diserang oleh AS atau Korea Selatan.

Pernyataan militer Pyongyang pada tanggal 4 April mengancam akan bereaksi terhadap agresi AS dengan "kekuatan serangan militer praktis."

"Kami secara resmi menginformasikan Gedung Putih dan Pentagon selalu meningkatkan kebijakan bermusuhan antara AS terhadap (Korea Utara) dan ancaman nuklir sembrono yang akan dihancurkan oleh kemauan yang kuat dari semua personel layanan yang bersatu dan orang-orang dan memotong  serangan nuklir yang lebih kecil, lebih ringan dan berarti diversifikasi," kata pernyataan Korea Utara.

Semenanjung Korea telah terkunci dalam siklus retorika militer yang meningkat setelah partisipasi pesawat berkemampuan nuklir AS B-52 dan pembom siluman B-2 dalam latihan militer bersama dengan Korea Selatan yang berakhir pada tanggal 30 April lalu. (*/mok)
Advertisement
MENANTU AM HENDROPRIYONO, MAYJEN TNI MUHAMMAD ANDIKA PERKASA MENJADI KOMANDAN PASUKAN PENGAMANAN PRESIDEN JOKOWI
BREAKING NEWS
PRABOWO SUBIANTO HADIRI PELANTIKAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA
BREAKING NEWS
JOKO WIDODO DAN JUSUF KALLA RESMI MENJADI PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
BREAKING NEWS
JOKOWI-JK IKUTI GELADI KOTOR PELANTIKAN DI SENAYAN
BREAKING NEWS
PERUSAHAAN MICROSOFT AKAN MEMANGKAS 18.000 PEKERJANYA PADA TAHUN 2015
BREAKING NEWS
PEMILIHAN PIMPINAN MPR, KOALISI INDONESIA HEBAT KEOK
BREAKING NEWS
WARTANEWS.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HUT TNI KE 69
BREAKING NEWS
GUGATAN UU MD3 PDIP DITOLAK MK
BREAKING NEWS
Hull City vs Manchester City 2-4
BREAKING NEWS
Chelsea vs Aston Villa 3-0
BREAKING NEWS